Wednesday, June 27, 2012

SENI BERKOMUNIKASI

SENI BERKOMUNIKASI

Semua orang pasti mengenal seni, entah itu seni lukis, seni tari, seni musik, seni suara dan banyak macam seni lainnya. seni atau art pada umumnya dimaksudkan sebagai suatu bentuk ungkapan atau cara menyampaikan sesuatu dengan gaya tersendiri. Komunikasi  merupakan suatu bentuk interaksi antara makhluk dengan makhluk lainnya, disini saya akan membagi pengalaman saya dalam SENI BERKOMUNIKASI, tentu saja antara manusia dengan manusia lainnya.

Manusia atau orang adalah makhluk ciptaan Allah yang sempurna dibandingkan ciptaan Allah yang lainnya, Allah memberikan manusia indera untuk menikmati ciptaan Allah lainnya, baik itu melihat, mendengar, meraba, merasa, mencium, memengang, berjalan dan lain sebagainya. Allah mengenalkan manusia dengan bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi dengan lisan, namun kita juga dikenalkan dengan bahasa isyarat, maksudnya dengan gerakan tertentu kita dapat mengerti apa yang dimaksud pelakunya. 


Bahasa yang merupakan bentuk komunikasi mempunyai ciri tersendiri dari penggunanya, sejenak marilah kita memperhatikan manusia/orang yang ada disekeliling kita, bermacam rupa, bermacam gaya, bermacam bahasa dan macam-macam lainnya, yang biasanya terkelompok dalam suku, ras dan bangsa yang berbeda, dimana semuanya memiliki ciri karakter yang berbeda pula, misal, kalo orang sumatera biasanya intonasi suara menunjukkan halus kasar bahasa, orang sunda dan jawa tingkatan bahasa menunjukkan status pemakainya.

MENGENAL DIRI DAN ORANG DIDEKAT KITA

Coba kita perhatikan orang-orang yang ada di dekat kita, ada berbagai tipe :
1. Pendiam, orang pendiam biasanya lebih memilih menyimpan masalahnya sendiri, tidak peduli dengan urusan orang lain.
2. Periang, orang periang pada umumnya disukai banyak orang karena kebiasaannya yang riang dapat mempengaruhi orang disekitarnya.
3. Sok Tau, orang dengan tipikal seperti ini, menyebalkan orang disekitarnya, karena biasanya orang ini kalo ngobrol suka ngotot mempertahankan pendapatnya tanpa peduli kalo apa yang diucapkan salah, dan biasanya sering dikatain orang dibelakangnya
4. Pembeo, pembeo ini adalah tipikal orang yang hampir mirip dengan sok tau tapi dia lebih mengulangi kalimat orang lain, misalnya jika kita bercerita tentang sesuatu maka pembeo ini akan mengiyakan apa yang kita katakan dengan mengulangi kalimat yang kita utarakan.
5. Sok Eksis, orang ini banyak didekat kita, biasanya suaranya sengaja dikeraskan supaya orang lain mendengar apa yang dia ucapkan, kalo ada sesuatu yang dikerjakan dia ingin semua orang tahu apa yang dia kerjakan, orang seperti ini cenderung mudah marah dan gampang tersinggung.
6. Biang Gossip, kalo ada orang dengan tipe seperti ini, biasanya dia akan mendekati kita, kemudian ngomong dengan suara yang sengaja dipelankan supaya tidak didengar orang lain, biasanya topik pembicaraannya adalah tentang urusan orang lain yang bukan urusannya, tapi siapa sih yang gak suka gossip.
7. Pengen Tau, orang yang saya maksud disini bukan secara akademis tapi orang yang selalu pengen tau urusan orang lain dan kegiatan orang lain, kalo dia tidak tahu maka dia akan mencari tau dengan gigih, biasanya dia akan memancing orang untuk menceritakan apa yang ingin dia ketahui, orang ini biasanya sangat cocok dengan biang gossip. 
8. Akunting, orang akunting ini biasanya orang yang terbiasa dengan detail dan hitung-hitungan secara matematis, semuanya dikalkulasi dan cenderung perfectionis, semuanya harus sesuai perhitungan, jika tidak maka dia akan mencari kambing hitam.
9. Karismatik, nah ini salah satu tipe orang yang disukai baik sesama jenis apalagi lawan jenisnya, karena penampilan fisik dan gaya bahasanya yang berisi menjadi daya tarik tersendiri.
10. Power sindrom/bossy, orang dengan tipe power sindrom/bossy ini senang dipuji dan suka memerintah, kalo sudah ngomong pastinya ada kata "pokoknya begini...pokoknya begitu...., aku gak mau tau pokoknya.....".
11. nge- fiend/friendly/bersahabat, nah orang tipe begini nih yang mudah akrab dengan siapapun bahkan orang yang baru dikenalpun langsung merasa akrab dengannya.
12. Jutek, si jutek termasuk tipikal yang kurang disukai karena biasanya gaya bahasanya ketus dan raut mukanya tidak bersahabat dan menyebalkan orang disekitarnya.
13. Pekerja, orang pekerja termasuk banyak disukai orang lain, biasanya dia tidak banyak ngomong tapi lebih suka melakukan sesuatu, walau isengpun dia ingin melakukan atau membuat sesuatu yang baru dengan bahasa lain orang ini kreatif.

paling tidak itulah beberapa tipe orang yang ada didekat kita dan juga tidak sedikit yang kombinasi dari tipe-tipe diatas, nah siapakah kita menurut tipe diatas???

BERSAMBUNG






No comments: